Teknik Desain dan manufaktur


IMG_2585Program Studi D4 Teknik Desain dan Manufaktur merupakan program studi yang baru berdiri pada tahun 2008 di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dimana prodi ini berada di bawah jurusan Teknik Desain dan Manufaktur yang baru di resmikan pada tahun 2010. Didalam prodi D4 Teknik Desain dan Manufaktur, ilmu-ilmu yang diberikan merupakan ilmu yang sangat penting dalam perkembangan inovasi suatu produk sesuai dengan kemajuan dan perkembangan pengetahuan dalam bidang teknik dan seni rupa di dunia.

Di dalam pembelajaranya, Mahasiswa dari Program Teknik Desain dan Manufaktur di harapkan mampu mengoprasikan CAD 3D dan Computerized Numerical Control (CNC). Selain itu, dosen pengajar di dalam prodi D4 Teknik Desain dan Manufaktur sangat berkompeten dalam bidangnya, ini telah di buktikan dengan adanya kurang lebih sebanyak 8 dosen yang telah menyelesaikan Magister – Pasca Sarjananya melalui program yang dirintis oleh PPNS dalam pengembangan SDM baik tenaga edukatif maupun non edukatif untuk mengemban tugas belajar S2 ke luar negeri, seperti USA, Taiwan, Australia, Inggris, Jerman, dan Swedia.

Prospek dalam pekerjaannya pun sangat terbuka lebar dengan seiringnya pertumbuhan dalam bisnis pembuatan kapal yang tahun ini melonjak cukup baik dan diharapkan akan terus berkembang hingga empat tahun yang akan datang. Namun perlu diketahui bahwa prodi D4 Teknik Desain dan Manufaktur tidak hanya berkecimpung di dalam dunia perkapalan saja, namun juga mampu merambah ke dalam bidang-bidang yang memerlukan jasa dari Desain dan Manufaktur tersebut. Selain itu, kini telah di keluarkan SK kualifikasi mengenai penyetaraan D-IV yang kedudukannya sama dengan S-1, membuat lulusan D-IV di PPNS khususnya prodi D4 Teknik Desain dan Manufaktur mampu bersaing di dalam bursa kerja Indonesia dan tidak kalah dengan lulusan S-1 dalam bidang Desain lainnya. Selain itu kelebihan prodi D4 Teknik Desain dan Manufaktur di PPNS adalah adanya pembelajaran mengenai proses membuat atau merakit hasil produk yang telah di desain sebelumnya dan hal ini memberikan effek positif dalam pemahaman mengenai desain dan pembuatan dari suatu produk tersebut.

Diharapkan lulusan dari prodi D4 Teknik Desain dan Manufaktur akan siap untuk terjun di dalam persaingan kerja, baik secara Nasional maupun dalam persaingan dunia Internasional.

Shares 0